Sabtu, 17 Desember 2011
materi TIK kelas XII semester 1 SMA
Tuturial Membuat Logo “Juventus” -- Menggunakan Corel Draw
kali ini saya ingin sharing mengenai design dengan menggunakan corel draw. Corel draw adalah sebuah software design grafis yang berbasis vektor. Sebagai contoh pembuatannya berikut merupakan tutorial pembuatan logo "Juventus". Sebenarnya ini tugas sekolahan sih, tapi dari pada diem di harddisk aja mending saya share walaupun hasilnya tidak terlalu sempurna (masih belajar juga).
Langkah - Langkahnya:
2. Kemudian buat objek elips yang kedua, tapi ukurannya lebih kecil dengan diberi warna putih dan letakan ditengah elips yang sebelumnya.
3. Selanjutnya gabung kedua objek tersebut dengan posisi elips putih berada di atas. Agar tepat berada di tengah-tengah: Drag kedua Objek (elips oren dan putih), kemudian tekan huruf P pada keyboard. Sehingga menjadi seperti pada gambar.
4. Aktifkan Graph paper tool (D) atur dengancolumns = 7 dan rows = 1 pastikan snap to object sudah di centang (View-Snap To Object). Kemudian sesuaikan graph dengan objek, sehingga menjadi seperti gambar.
5. Drag secara keseluruhan graph tersebut dengan menggunakanPick Tool kemudian pilih Intersect pada toolbar kemudiandelete Graph paper-nya.
6. Pilih setengah lingkaran merah kemudian ungroup (Ctrl+U)atau pada menu Arrange-Ungroup dan beri warna hitam pada bagian seperti pada gambar berikut (dengan cara men-drag warna pada color palette ke bagian yang ditentukan / sesuai dengan gambar).
7. Buat objek segi empat dengan dua lengkungan di atas dan bawahnya yang diletakkan pada tengah objek inti agak keatas. Kemudian drag dengan menggunakan Pick Tool selanjutnya pilih Intersect pada toolbar, kemudiandelete objek dasar segi empat-nya. (objek hasil intersect)
8. Selanjutnya buat text / tulisan “JUVENTUS” menggunakan text tool (F8)kemudian gunakan fasilitas Fit Text To Path yang berada pada Menu Text,sesuaikan ukuran dan jenis teks dengan bidang .
Sehingga menjadi seperti pada gambar.
10. Letakkan gambar “singa” pada main object, sehingga menjadi gambar, seperti :
11. Kemudian buat objek berbentuk “mahkota”seperti gambar. kemudian buat lingkaran kecil yang diberi warna hitam, kemudian diletakkan pada objek tersebut, sehingga menjadi seperti gambar.
12. Letakkan gambar “mahkota” pada main object, sehingga menjadi gambar, seperti :
14. Hasil gambar (logo JUVENTUS)akhir menjadi seperti pada gambar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar