selamat datang di blog saya...

selamat datang di blog saya

selamat datang di blog saya

materi TIK KELAS XII


MATERI KELAS XII

  1. Tool Box di Coreldraw
    1. Pick Tool = Untuk menyeleksi, mengubah ukuran, dan juga memutar arah objek gambar.
    2. Shape Edit
    a) Shape : Menyunting bentuk objek gambar.
    b) Smudge Brush : Mengubah / mendistorsi keseluruhan gambar dengan menarik garis tepinya.
    c) Roughen Brush : Mengubah / mendistorsi keseluruhan outline bentuk gambar dengan menarik garis tepinya.

    <<read more>>
    d) Free Transform Tools : Mengubah objek gambar menggunakan rotasi(pemutaran posisi) bebas, rotasi sudut, mengubah ukuran dan, dan juga memiringkan bentuk gambar.
    3. Crop Tool
    a) Crop : Menghilangkan bagian yang tidak diinginkan dalam objek.
    b) Knife : Mengubah / mendistorsi keseluruhan gambar dengan menarik garis tepinya.
    c) Erase : Menghapus area dalam gambar.
    d) Virtual Segment Delete : Menghapus suatu bagian objek yang berada dalam persinggungan(interseksi).
    4. Zoom
    a) Zoom : Mengubah perbesaran gambar dalam jendela gambar.
    b) Hand : Mengatur bagian gambar yang tampil di dalam jendela gambar.

    5. Curve
    a) Freehand : Menggambar segmen atau kurva dalam bentuk garis tunggal.
    b) Bezier : Menggambar kurva dalam bentuk garis tunggal per titik (node).
    c) Artistic Media Tool : Memunculkan fungsi pembuat bentuk(pena), seperti brush(efek kuas dengan pola pulasan tertentu), Sprayer(efek cat semprot), Calligraphic(efek pena kaligrafi), dan Pressure(efek pena teknik yang akan membentuk garis tepi tanpa lengkung).
    d) Pen : Menggambar kurva dalam sebuah segmen pertitik(node).
    e) Polyline : Menggambar garis dan kurva dalam modus preview.
    f) 3 Point Curve : Menggambar kurva dengan menentukan titik awal dan akhir, lalu titik pusat kurva.
    g) Interactive Connector : Menggabungkan dua objek dengan sebuah garis.
    h) Dimension : Menggambar garis secara vertical, horizontal, bersudut, dan miring.
    6. Smart Tools
    a) Smart Fill : Untuk menciptakan objek dari sebuah area lalu mengisikannya dengan warna atau tekstur.
    b) Smart Drawing : Untuk mengubah coretan pointer yang anda gambar ke bentuk dasar atau bentuk yang wujudnya lebih halus.
    7. Rectangle
    a) Rectangle : Untuk membentuk segi dan kotak.
    b) 3 Point Rectangle : Untuk membentuk segi dan kotak dengan menyusunnya per titik.
    8. Ellipse
    a) Ellipse : Untuk menggambar elips dengan lingkaran.
    b) Hand : Mengatur bagian gambar yang tampil di dalam jendela gambar.
    9. Object
    a) Polygon : Untuk membentuk polygon dan bintang secara simetris.
    b) Star : Untuk membentuk bintang.
    c) Complex Star : Untuk membentuk bintang dengan bentuk yang lebih kompleks dengan persinggungan sudut.
    d) Graph Paper : Untuk membentuk serupa tabel atau susunan kotak-kotak seperti pada kertas gambar teknik.
    e) Spiral : Untuk membentuk spiral(per) secara simetris dan logaritmis.
    10. Perfect Shapes
    a) Basic Shapes : Menyediakan aneka bentuk jadi seperti segidelapan, smiley face, hingga segitiga.
    b) Arrow Shapes : Untuk memudahkan menggambar bentuk tanda panah dengan aneka variasi bentuk, arah, dan jumlah kepala panah.
    c) Flowchart Shapes : Untuk memudahkan menggambar bentuk flowchart(bagan).
    d) Banner Shapes : Untuk memudahkan menggambar bentuk pita dan symbol ledakan.
    e) Callout : Untuk memudahkan menggambar bentuk balon bicara dan label.
    11. Text Tool = Untuk membuat teks langsung di area gambar baik yang berfungsi sebagai teks artistic
    maupun keterangan.
    12. Interactive Tools
    a) Interactive Blend : Untuk membentuk segi dan kotak
    b) Interactive Contour : Untuk membentuk segi dan kotak dengan menyusunnya per titik.
    c) Interactive Distortion : Untuk mendistorsi objek secara push/pull, zipper, dan twister.
    d) Interactive Drop Shadow : Untuk menyisipkan bayangan ke dalam objek.
    e) Interactive Envelope : Untuk mengubah bentuk objek dengan menarik titik(node) pada outline.
    f) Interactive Extrude : Untuk membentuk ilusi kedalaman pada objek.
    g) Interactive Transparency : Untuk menyisipkan efek transparan pada objek.
    13. Eyedropper
    a) Eyedropper : Untuk menyeleksi dan menyalin property yang terkait dari sebuah objek, seperti warna(isi dalam objek), garis, ketebalan garis, ukuran, dan efek.
    b) Paintbucket : Untuk menerapkan property yang terkait dari sebuah objek, seperti warna(isi dalam objek), garis, ketebalan garis, ukuran, dan efek; yang diambil lewat eyedropper tool, ke objek lainnya.
    14. Outline
    a) Outline Pen Dialog : Untuk mengakses boks dialog outline pen.
    b) Outline Color Dialog : Untuk mengakses boks dialog pengaturan warna outline.
    c) No Outline : Untuk menghilangkan outline dari sebuah objek.
    d) ½ Point Outline : Untuk membentuk ketebalan garis ½ point.
    e) 1 Point Outline : Untuk membentuk ketebalan garis 1 point.
    f) 2 Point Outline : Untuk membentuk ketebalan garis 2 point.
    g) 8 Point Outline : Untuk membentuk ketebalan garis 8 point.
    h) 16 Point Outline : Untuk membentuk ketebalan garis 16 point.
    i) 24 Point Outline : Untuk membentuk ketebalan garis 24 point.
    j) Color Docker Window : Untuk membuka docker untuk pengaturan warna dan outline objek.
    15. Fill Tools
    a) Fill Color Dialog : Untuk mengakses boks dialog pengaturan cat(pengisi bagian dalam objek) dari sebuah objek.
    b) Fountain Fill Dialog : Untuk mengakses boks dialog pengisi warna dan gradasi ke dalam objek.
    c) Pattern Fill Dialog : Untuk mengakses boks dialog pengisi pola ke dalam objek.
    d) Texture Fill Dialog : Untuk mengakses boks dialog pengisi tekstur ke dalam objek.
    e) Post Script Fill Dialog : Untuk mengakses boks dialog pengisi gambar post-script ke dalam objek.
    f) No Dialog : Untuk menghilangkan unsur pengisi dari sebuah objek.
    g) Color Docker Window : Untuk membuka docker untuk pengaturan warna dan outline objek.
    16. Interactive Fill
    a) Interactive Fill : Untuk mengisi aneka fill(pengisi objek) ke dalam sebuah objek.
    b) Interactive Mesh : Untuk menerapkan garis-garis jejaring pada objek.

SELASA, 07 FEBRUARI 2012

SABTU, 17 DESEMBER 2011

materi TIK kelas XII semester 1 SMA

Tuturial Membuat Logo “Juventus” -- Menggunakan Corel Draw


kali ini saya ingin sharing mengenai design dengan menggunakan corel draw. Corel draw adalah sebuah software design grafis yang berbasis vektor. Sebagai contoh pembuatannya berikut merupakan tutorial pembuatan logo "Juventus". Sebenarnya ini tugas sekolahan sih, tapi dari pada diem di harddisk aja mending saya share walaupun hasilnya tidak terlalu sempurna (masih belajar juga).
 
   Langkah - Langkahnya: 
      1. Aktifkan Ellipse Tool (F7) kemudian buat objek elips dan beri warna seperti pada gambar berikut,
 

2. Kemudian buat objek elips yang kedua, tapi ukurannya lebih kecil dengan diberi warna putih dan letakan ditengah elips yang sebelumnya.
 
    3. Selanjutnya gabung kedua objek tersebut dengan posisi elips putih berada di atas. Agar tepat berada di tengah-tengah: Drag kedua Objek (elips oren dan putih), kemudian tekan huruf P pada keyboard. Sehingga menjadi seperti pada gambar.

      4. Aktifkan Graph paper tool (D) atur dengancolumns = 7 dan rows = 1   pastikan snap to object sudah di centang (View-Snap To Object). Kemudian sesuaikan graph dengan objek, sehingga menjadi seperti gambar.

 
    5. Drag secara keseluruhan graph tersebut dengan menggunakanPick Tool  kemudian pilih Intersect  pada toolbar kemudiandelete Graph paper-nya.
6. Pilih setengah lingkaran merah kemudian ungroup (Ctrl+U)atau pada menu Arrange-Ungroup dan beri warna hitam pada bagian seperti pada gambar berikut (dengan cara men-drag warna pada color palette ke bagian yang ditentukan / sesuai dengan gambar).

 


  7.  Buat objek segi empat dengan dua lengkungan di atas dan bawahnya yang diletakkan pada tengah objek inti agak keatas. Kemudian drag dengan menggunakan Pick Tool   selanjutnya pilih Intersect 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar